Juara Bersama Perserikatan 1975

2 07 2009

pssi1975

Pertandingan final kompetisi perserikatan PSSI tahun 1975 menyimpan catatan unik. Untuk pertama kalinya dalam sejarah sepakbola Indonesia, terdapat 2 juara kembar yaitu Persija Jakarta dan PSMS Medan. Pertandingan itu sendiri dilaksanakan pada hari sabtu, 8 Nopember 1975 di stadion Utama Senayan, Jakarta (sekarang stadion GBK). Pertandingan Persija vs PSMS terhenti pada menit ke-40 karena terjadi clash antar pemain dan pembangkangan terhadap wasit sehingga PSSI menetapkan keduanya sebagai juara bersama. Sebelumnya Persija dan PSMS bermain imbang 1-1 melalui gol Parlin Siagian (PSMS) pada menit ke-10, dan gol Sofyan Hadi (Persija) pada menit ke-26.

Dalam gambar terlihat kapten tim Persija, Oyong Liza (kiri) dan kapten PSMS, Yuswardi, memegang piala Kejuaraan Nasional (perserikatan) PSSI 1975 sebagai juara bersama disaksikan oleh Ketua Umum PSSI, Bardosono. Penetapan adanya juara bersama itu pun menjadi sesuatu yang kontroversial dan merupakan salah satu “kesalahan” PSSI melalui ketua umumnya, Bardosono. (Sumber: Repro Associated Press/Pikiran Rakyat).

Lebih lanjut :

http://web.archive.org/web/20060716155236/http://www.sepakbola-indonesia.com/


Aksi

Information

One response

24 02 2011
aria

sungguh saya amat tertarik tentang final perserikatan 1985 yang katanya menorehkan rekor penonton terbanyak 150 rb orang dan 1975 tentang juara bersama…
kenapa sedikit sekali informasi yang bisa diperoleh padahal di jaman itu tv sudah ada apa arsipnya gak disimpan ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: